Desa Batu Ampar Bentuk Relawan Desa Lawan Covid-19

BATU AMPAR – Meskipun Desa Batu Ampar tergolong terpencil, namun perkembangan penyebaran covid-19 yang semakin meluas mendorong Pemerintah Desa untuk melakukan langkah-langkah preventif dan strategis untuk mengurangi dampak virus tersebut.

Baca : Update: Rincian Kasus Virus Corona di 28 Provinsi di Indonesia dan Upaya Pemerintah

Menyikapi kondisi terkini dan Edaran Mentri PDTT nomor 4 dan 8 tahun 2020, Pemerintah Desa Batu Ampar melaksanakan rapat untuk membentuk Relawan Desa Lawan Covid-19 yang dipimpin langsung oleh Kepala Desa Harwan Iskandar. Rapat dihadiri oleh jajaran Pemerintah Desa, Ketua BPD, Bidan Desa, Kader Pembangunan Manusia, Germas, Posyandu, PKK serta Pendamping Lokal Desa dan Pendamping Desa.

Selain pembentukan tim relawan rapat juga membahas berbagai kemungkinan dampak dari darurat covid-19, sehingga diperlukan rencana aksi tim seperti sosialisasi kepada masyarakat, penyedediaan alat penunjang penanganan, kajian dampak ekonomi dan sosial dan penanganannya, termasuk menyepakati alokasi anggaran pada APBDes untuk menghadapi kemungkinan-kemungkinan yang terjadi.

Baca : Mendes PDTT Minta Kepala Desa Ubah Apbdes untuk Program Padat Karya Tunai dan Penanganan Covid-19

Kepala Desa menyampaikan kepada peserta rapat bahwa “tim ini harus berkerja keras karena kita inilah yang harus bersikap untuk keselamatan masyarakat Batu Ampar, kita tidak dapat berharap banyak kepada orang lain karena mereka juga menghadapi masalah yang sama”.