Musyawah Desa RKP tahun 2021

BATU AMPAR – Pemerintah Desa Batu Ampar melaksanakan Musyawarah Desa untuk menyusun Rencana Kerja Pemerintah Desa tahun 2021 pada hari Kamis 09 Juli 2020 di Kantor Desa Batu Ampar. Pelaksanaan musyawarah dipimpin oleh Ketua BPD Sinardin, S.Pd.I. Musdes RKP merupakan kegiatan yang dilaksanakan secara rutin di desa untuk menyusun rencana kerja prioritas tahunan.

Sinardin menjelaskan bahwa “Musywarah ini tahapan yang harus dilalui oleh desa untuk menentukan prioritas kerja tahun depan, sehingga program kerja kita tahun depan itu merupakan cerminan dari aspirasi masyarakat sebagaimana yang tertuang dalam dokumen RPJMDes yang telah disusun untu 6 tahun kedepan dn muyawarah ini melegitimasi apapun program yang dilaksanakan tahun 2021 atau tidak asal buat”.

Musywarah dihadiri oleh perwakilan masyarakat dari 4 dusun, kelompok perempuan, kelompok pemuda, dan kelembagaan desa. Turut hadir dalam musywarah Camat Merigi Holil Bermani, Babinkamtibmas Reno, Babinsa Johan, TA Kabupaten Dana Desa dan Pendamping Desa serta Pendamping Lokal Desa.

Untuk mencermati dan mengkaji RPJMDes dalam menentukan prioritas kegiatan peserta musyawarah dibagi dalam beberapa kelompok dan melakukan diskusi, selanjutnya dilakukan diskusi hasil usulan kelompok. Peserta dibagi dalam 7 kelompok yang terdiri dari kelompok dusun ada 4, kelompok pemuda, kelompok perempuan dan kelompok lembaga-lembaga desa.

Kepala Desa Batu Ampar Harwan Iskandar menjelaskan “Musdes RKP ini menjadi hal yang sangat penting dalam menyusun rencana kerja tahun 2021, sehingga semua peserta yang merupakan representasi dari masyarakat harus berkonstribusi maksimal dalam melakukan kajian usulan prioritas 2021, baik perwakilan dusun, kelompok masyarakat desa, kelompok perempuan dan kepemudaan”.