BMKG Bengkulu Pembukaan Sekolah Lapangan Iklim

BUKIT BARISAN – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bengkulu melaksanakan pembukaan kegiatan Sekolah Lapangan Iklim (SLI) Oprasional Desa Batu Ampar Kecamatan Merigi Kabupaten Kepahiang yang dilaksanakan di Kantor Desa Bukit Barisan, yang diikuti oleh petani kopi, jagung dan penyuluh.

Disampaikan Kepala BMKG Bengkulu Klaus J.A Damanik, ST dalam laporan kegiatan SLI ini mengusung tema “Meningkatkan pengetahuan petani dan penyuluh dalam memanfaatkan informasi iklim untuk menjaga stabilitas produksi tanaman kopi dan jagung manis”, kegiatan SLI yang dilaksanakan di Desa Batu Ampar ini berkerjasama dengan Dinas Pertanian Kabupaten Kepahiang.

Hadir di acara pembukaan tersebut Kepala Dinas Pertanian Kepahiang Hermawan, SPKP, Kepala Stasiun Geofisika Kepahiang Litman, ST, Kepala Stasiun Meteorologi Fatmawati Soekarno Tri Widiarto, S.Si, Camat Merigi Holil Bermani, Kepala Desa Batu Ampar Harwan Iskandar serta secara virtual diikuti oleh BMKG di Prvinsi se Indonesia, BKSDA Bengkulu, BPDAS dan lainnya.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Deputi Klimatologi BMKG Herizal secara virtual / during, pada kesempatan tersebut beliau menyampaikan bahwa, salah satu tujuan SLI adalah untuk mendukung ketahanan pangan dengan memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada petani dan penyuluh tentang iklim dan kaitannya dengan pertanian melalui belajar bersama di SLI. Herizal pun menyebut ada tiga komponen saling berkaitan dalam mendukung ketahanan pangan, yakni bibit, lahan dan iklim.

Kepala Desa Batu Ampar Harwan Iskandar menyampaikan, kami sangat berterimakasih kepada BMKG yang telah berkenan menempatkan kegiatan SLI di desa kami. Melalui Sekolah Lapangan Iklim yang dilaksanakan di Desa kami ini harapannya dapat meningkatkan pengetahuan dan pemahaman petani tentang iklim dan kaitannya dengan produksi pertanian, terutama dengan tanaman kopi yang mayoritas masyarakat kami adalah petani kopi, yang secara lebih luas dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.