#Kopi Tangguh Iklim

BATU AMPAR – Pada tanggal 02 November lalu di undang oleh Live bersama teman-teman NGO lainnya di BKSDA Bengkulu untuk berdiskusi bersama tentang perubahan iklim.

Ternyata perubahan iklim yang semakin panas memberikan dampak terhadap kopi, sementara mayoritas masyarakat kami Desa Batu Ampar merupakan petani kopi. Sehingga pengetahuan dan pemahaman ini menjadi sangat penting untuk dapat sesegera mungkin disampaikan kepada masyarakat.

Tentunya bukanlah perkara mudah untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat tetapi harus dimulai. Tidak mungkin perkebunan masyarakat kami disulap menjadi hutan serta Merta dengan ancaman pemanasan global, sehingga diperlukan strategi yang diantaranya adalah melakukan pola tanam poly kultur dan meninggalkan monokultur yang hanya berorientasi pada produksi maksimal dan mengabaikan sustainablity kehidupan.

Entah akan seperti apa hasilnya, dengan semangat keberlangsungan hidup yang panjang, tidak salah jika saya selaku Kepala Desa menginisiasi untuk dimulai dari Batu Ampar untuk bekerja menjaga bumi dengan isu Kopi #Tanggung Iklim.