Aksi Tanam Bambu untuk Peringatan Hari Air Dunia

BATU AMPAR – Dalam rangka peringatan Hari Air Dunia yang ditetapkan pada setiap tanggal 23 Maret, Masyarakat Desa Batu Ampar akan melaksanakan kegiatan aksi tanam. Kegiatan tersebut rencananya akan dilaksanakan di sekitar sumber air/mata air dan aliran sungai.

Kegiatan ini akan fokus pada penanaman bambu yang merupakan salah satu jenis tanaman unggulan desa. penanaman ini diharapkan dapat menambah jumlah populasi batang bambu yang saat ini sudah ada, sehingga ketersedian bahan baku bagi kegiatan ekonomi masyarakat desa dapat bertambah.

Disisi lain pada momentum peringatan Hari Air Dunia ini, jenis tanaman bambu dan aren ini diharapkan dapat menjaga ketersedian air, mitigasi bencana longsor dan banjir.

Kegiatan ini akan dilaksanakan secara swadaya oleh masyarakat, serta dapat dijadikan sebagai media edukasi mengenai pentingnya perlindungan terhadap air untuk kehidupan yang berkelanjutan.

Secara geografis Desa Batu Ampar berada pada dataran tinggi di atas 700 mdpl, sehingga keterjagaan air dan aliran sungai sangat penting untuk terjaga, terdapat 12 desa yang hulu sungainya berada di Desa Batu Ampar yang dimanfaatkan untuk kepentingan air minum dan irigasi, serta terancam oleh banjir bandang apabila kondisi hulu sungai rusak.